Last modified:

Implementasi AINO e-Ticketing di Tempat Rekreasi Indonesia

big-25830170791-1Cilegon, Agustus 2015 – Selain mengimplementasikan e-Ticketing transportasi publik di Transjogja dan Trans Jakarta, pada tahun 2015 AINO e-Ticketing mulai menjajaki tempat-tempat wisata. Dengan mengintegrasikan access gate langsung ke sistem ticketing akan memudahkan pengelola tempat rekreasi dalam monitoring data pengunjung dan pelaporan keuangan yang sistematis. Selain memberi kemudahan bagi pengelola bisnis, integrasi sistem e-Ticketing juga memberi kenyamanan bagi pengunjung karena dapat diintegrasikan untuk fungsi lainnya dalam satu lokasi wisata.

5 Agustus 2015 yang lalu, AINO menghadiri peresmian penerapan tiket elektronik dengan menggunakan BRIZZI sebagai pengganti tiket kertas di Water World Krakatau Cilegon. Pengguna Brizzi dapat menggunakan Brizzi sebagai akses masuk dengan hanya melakukan tapping pada gate. Integrasi sistem pembayaran dengan uang elektronik memang menjadi salah satu fokus utama bisnis AINO, sebagai perusahaan integrator uang elektronik berbasis smart card.

Pengunjung Water World Cilegon yang tidak memiliki kartu Brizzi dapat membeli kartu di lokasi  senilai Rp.20.000, kemudian melakukan isi ulang. Diakui Direktur Utama KIEC Tb Dony Sugimukti, penggunaan uang elektronik sebagai pengganti tiket masuk Water World lebih praktis dan bermanfaat :

“Sekarang menggunakan elektronik dan tidak menggunakan tunai karena mudah sehingga integratis laporan dan akuntabilitasnya bisa dipertanggungjawabkan,” katanya. (Radarbanten, 6 agustus 2015)

Aino mengintegrasikan sistem tiket elektronik di Water World Cilegon agar dapat menggunakan Brizzi sebagai pengganti uang tunai pada akses masuk lokasi Water World. Kedepannya, tidak hanya akses masuk namun transaksi pembayaran di kantin juga dapat diintegrasikan dengan pembayaran menggunakan Brizzi sebagai pengganti uang tunai.

Transaksi yang dilakukan pengunjung pada gate masuk Water World dapat di lihat pada web monitoring yang bisa diakses langsung dimanapun oleh manajemen Water World. Aplikasi Web monitoring transasksi yang dikembangkan AINO akan memberikan benefit tambahan bagi manajemen, pengelolaan data transaksi dapat diolah menjadi data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. o:p>

Selain Water World Cilegon, AINO juga telah mengintegrasikan eticketing sistem access gate pada pintu masuk Ocean Dream Samudera, dan Atlantis Water Adventure. Sistem eticketing terintegrasi dengan uang elektronik perbankan tidak hanya dapat digunakan pada lokasi wisata saja, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran pada merchant yang terlah bekerja sama dengan bank, transportasi public seperti Trans Jakarta, Trans Jogja, dan pembayaran terminal parkir elektronik. (BD)

Facebook
SOCIALICON