Aino Indonesia

Portugal, Pestana Palace, June 15-16th 2017 – 2nd Annual Ticketing Innovations Summit adalah konferensi tingkat dunia yang berfokus pada pembahasan ticketing system dalam industri transportasi dan event. Konferensi ini dihadiri oleh perusahaan multi nasional di di Eropa yang bergerak di bidang penyedia solusi pembayaran elektronik, teknologi sistem informasi, sistem integrator hingga smartcard.

Aino Indonesia (Aino) menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang didaulat menjadi narasumber. Pengalaman dalam bidang integrasi pembayaran non tunai pada sistem tiket elektronik di Transjakarta dan penerapan e-Ticketing berbasis smartcard sejak tahun 2007 merupakan keberhasilan yang menjadi topik dan cerita utama Aino pada acara tersebut. Pada tahun 2016, Aino telah mencatatkan kelolaan 128 juta transaksi uang elektronik, setara 26% transaksi uang elektronik nasional dan terus tumbuh dengan penambahan layanan pembayaran non tunai.

Perjalanan e-Ticketing Transjakarta terbagi kedalam beberapa periode. Periode 2004-2011 adalah periode awal dimana penerapan e-Ticketing belum berjalan secara maksimal. Dari 12 koridor yang ada, hanya 2 koridor yang bisa diterapkan. Aino Indonesia dipercaya untuk menyempurnakan implementasi e-Ticketing 12 koridor yang dikelola Transjakarta pda tahun 2013. Kemampuan e-Ticketing Transjakarta adalah sistem tiket elektronik yang terintegrasi dengan 6 uang elektronik multi penerbit dalam satu sistem. Transjakarta saat ini adalah The World’s Longest BRT System (208 Km) dengan capaian 450.000 transaksi per hari, dan menerima  14 kartu subsidi sosial.

Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia dengan populasi mencapai 262 juta jiwa, tetapi 64% diantaranya belum tersentuh layanan perbanka. Di satu sisi, pemerintah pusat sedang  gerakan nasional non tunai untuk mendorong masyarakat agar menggunakan instrument pembayaran yang bersifat non tunai. Pada sektor transportasi, pemerintah pusat membangun insfrastruktur seperti tol, layanan bus rapid transit, bandara hingga layanan mass rapid transit, sehingga ini merupakan kesempatan dalam pengembangan bisnis pembayaran uang elektronik.

Aino mendukung terjalinnya kerjasama strategis dengan penerbit uang elektronik, operator layanan dan retailer untuk mewujudkan sistem Less Cash Society.