Last modified:

Mengintip Kunjungan AINO Indonesia Ke Jepang

big-48010658985-ntt_dataPada 9 – 12 Maret 2016, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) sebuah institut yang telah berdiri sejak tahun 1990 menyelenggarakan EU-Asia Security and Networks Symposium di Ishikawa, Jepang.  Ishikawa berlokasi di bagian timur Jepang dan terletak di kawasan Gunung Hakusan sehingga jauh dari keramaian kota, menjadikan lokasi kampus JAIST dengan laboratorium yang lengkap dan mutakhir sangat kondusif untuk melakukan riset hulu teknologi.

Acara yang berlangsung selama 4 hari tersebut mengupas berbagai hal terkait terobosan inovasi teknologi jaringan dan keamanan serta tantangan implementasinya di negara-negara Asia dan Uni Eropa. Acara plenary berlangsung selama 9 – 10 Maret 2016 terdiri dari berbagai macam topik mulai dari embedded systems, network systems, paradigma baru dalam wireless communications, dan information security. Sementara pada 11 – 12 Maret 2016 acara demo dari pelajar JAIST kemudian sesi tentang information security dari JAIST Tokyo Satellite dan sesi Smart Grid dari Mitsubishi Electric Corporation.

Direktur PT AINO Indonesia, Syafri Yuzal mendapat undangan sebagai pembicara pada symposium yang dihadiri oleh akademisi, peneliti, dan kalangan industri dari negara-negara Asia dan Uni Eropa. Dalam paparannya yang berjudul Towards Smart City Development in Indonesia: Opportunities and Challenges menyoroti tentang kemajuan kota cerdas berbasis teknologi di Indonesia.

Dalam acara tersebut, AINO Indonesia berkesempatan bertemu dengan Professor Tadashi Matsumoto yang terkenal dengan Information Theory & Signal Processing, serta Professor Khairul Anwar yang terkenal dengan sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Professor Khairul Anwar merupakan orang Indonesia yang saat ini menjadi dosen dan peneliti di JAIST.

AINO Indonesia uga berkesempatan mendapatkan sharing mengenai konsep kerjasama strategis dan jangka panjang antara Universitas dan Industri yang banyak diterapkan di Jepang, salah satunya JAIST bekerjasama dengan Koden Electronics untuk melakukan riset bersama beberapa produk teknologi yang akan dipatenkan dan dipasarkan oleh Koden Electronics untuk penerapan teknologi di Olympic Games 2020 di Jepang.

Koden Technology yang terdiri atas 150 karyawan bekerjasama dengan peneliti JAIST untuk melakukan kajian penelitian dan pengembangan dengan output algoritma dan pemograman. Konsepnya adalah peneliti utama dari JAIST melibatkan beberapa peneliti yang sekaligus menjalani studi S2 dan S3 di JAIST. Karena sifat kerjasama jangka panjang, jika peneliti sudah hampir selesai masa studinya maka mereka harus mencari kandidat suceessoryang akan melanjutkan riset industrinya, sehingga kerjasama strategis ini dapat terus berkesinambungan.

Selain memenuhi undangan symposium yang diselenggarakan oleh JAIST, AINO Indonesia juga melakukan kunjungan bisnis ke headquarter NTT DATA. Saat ini AINO Indonesia telah menjalin kerjasama bisnis dengan NTT DATA Indonesia untuk penerapan sistem pembayaran non tunai berbasis uang elektronik multi penerbit dan sistem monitoring untuk perangkat Vending Machine.

Bapak Junji Kawahara, Direktur NTT DATA Indonesia berangkat ke Jepang untuk mengenalkan AINO Indonesia kepada middle dan top management NTT DATA Pusat. NTT DATA merupakan perusahaan global penyedia solusi teknologi berbasis telekomunikasi, transportasi, energi, dan infrastruktur publik. Banyak inisiatif dan peluang untuk dapat dikerjasamakan lebih strategis antara AINO Indonesia sebagai financial technology company dengan NTT DATA yang kuat untuk bisnis Infrastruktur IT.

Facebook
SOCIALICON