Last modified:

Soft Launching Bandung Smart Card

big-77018858166-bandung_smartcityPada 14 Desember 2015 bertempat di halaman Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, soft launching Bandung Smart Card dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, jajaran Pemerintah Kota Bandung, dan jajaran Bank Indonesia. Bandung Smart Card adalah kartu yang berfungsi sebagai alat pembayaran non tunai yang merupakan kerjasama Bank Mega, Bank Mandiri, Telkom, Bank BRI, Bank BCA, dan Bank BNI. Diungkapkan langsung oleh Rosmaya Hadi selaku Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat bahwa Bandung Smart Card akan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non tunai secara cepat dan efektif maupun pemanfaatan fungsi lainnya sebagai kartu identitas dan kartu akses.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan tujuan Bandung Smart Card dapat membantu program Bank Indonesia mengurangi transaksi berbasis tunai. Hal ini sejalan dengan program Kota Bandung dalam mendukung Gerakan Nasional Non Tunai untuk mewujudkan Bandung Smart City ke depannya. Bandung Smart Card ungkapnya, akan diprioritaskan sebagai alat pembayaran di sektor pendidikan. Ridwan Kamil berharap dengan hadirnya Bandung Smart Card ini bisa menekan kebiasaan warga Bandung menggunakan uang tunai untuk transaksi.

Bandung sebagai kota mode Indonesia merupakan pusat perekonomian di Jabar, tercermin dari indikator keuangan inklusifnya. Jumlah lembaga keuangan khususnya perbankan di kota Bandung mencapai 2415 jaringan kantor dan 84.936 EDC. Apabila dibandingkan dengan jumlah penduduknya yang mencapai 2,39 juta jiwa dan 168 ribu km2 luas wilayah, itu artinya setiap satu jaringan kantor lembaga keuangan melayani 992 orang dengan wilayah kerja seluas 0,07 km2.

Aino pada soft launching tersebut berperan untuk merepresentasikan produk-produk dengan pembayaran berbasis non tunai seperti Terminal Parkir Elektronik dan Vending Machine yang dapat diuji coba langsung menggunakan Bandung Smart Card.  Bandung Smart Card merupakan penyatuan berbagai kartu seperti kartu identitas, kartu akses, kartu pembayaran dan tiket elektronik dalam satu kartu dengan bantuan teknologi informasi.

Facebook
SOCIALICON